Ber-IMAGINE : Youtube


Ber-Imagine malam ini adalah tentang YOUTUBE dan kekuatan teramat keren di dalamnya.

Pernah buka youtube kn? Mungkin hampir tiap hari kalian buka portal satu ini. Begitu kita buka youtube, akan ada beberapa video yang direkomendasikan oleh youtube untuk kita tonton. Rekomendasi itu muncul berdasarkan analisa (bahasa kerennya sekarang AI) kira-kira mana yang kita suka / akan kita tonton, berdasarkan video-video yang kita lihat sebelumnya. 

Walaupun video yang direkomendasikan itu berdasarkan history kita sendiri, namun kadang ada beberapa video yang tidak ingin kita tonton. Tapi karena rekomendasi tentang video itu muncul berulang-ulang, di otak kita mulai terbersit ni keinginan untuk nonton juga thu video. Secara tidak sadar, luluh juga keteguhan hati kita dan mulai klik lalu tonton. 

Saya coba ber andai-andai, jika saja rekomendasi itu bisa saya yang pilih untuk semua penikmat youtube di seluruh dunia. Akan saya rekomendasikan lagu Three Little Birds-nya Bob Marley.

Dan jika pada akhirnya dua dari empat orang melihat video itu sesaat sebelum beraktivitas pagi hari, maka akan makin banyak orang yang memiliki perasaan positif, senang riang, lalu akan makin banyak terlihat orang-orang tersenyum dan menularkan senyumannya ke makin banyak orang lagi, karena menurut beberapa eksperimen, tersenyum itu menular.

Sesudah itu, akan saya masuki level ke-2, di mana rekomendasi video berikutnya adalah lagu Imagine-nya John Lennon. Jika pada saatnya semua orang menonton & memahami maksud video ini, prediksi saya akan tercipta banyak manusia-manusia yang tak memiliki tingkat kecintaan berlebih terhadap asal-usulnya, terhadap kelompoknya, bahkan terhadap agamanya. Yang ada hanyalah kecintaan akan hidup berdampingan yang penuh perdamaian.

Comments